Berita Blog Terbaru Hari Ini

ads

3/13/2017

Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia

Tau gak sih kalau mesjid terbesar dan termegah itu tidak hanya di Timur tengah.Tapi Ternyata masjid terbesar dan termegah juga ditemukan di beberapa negara besar Islam lainnya,mesjid mesjid tersebut ada yg baru dibangun ada juga peninggalan beberapa abat yang lalu.Masjid-masjid ini tidak hanya menawarkan lingkungan yg tenang buat melakukan sholat,tetapi juga terdapat beberapa karya arsitektur yg luar biasa dengan nilai seni tinggi yg tentunya ada sangkutannya dengan sejarah sejarah islam.

7 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia

http://rahmiusi.blogspot.com/2017/03/masjid-terbesar-dan-termegah-di-dunia.html

1 Masjidil Haram
Manjadi tempat tersuci pertama bagi sejumlah Ummat muslim diseluruh penjuru dunia Masjid ini berada di urutan paling wahid sebagai masjid terbsesar di dunia.Masjid ini merupakan Masjidil Haram terletak di kota suci Mekah di Arab Saudi dengan luas 4.008.020 m persegi dan Kapasitasnya hingga 4 juta jamaah,masjidi ini memiliki arsitektur islam yg unik dan sangat amat luar biasa.Ruangan outdoornya biasa dijadikan buat shalat,membaca ayat suci Al-qur’an,dan I’tikaf.Pada masa haji,banyak Muslim yg datang ke sina utk berdoa dan beribadah.Pada musim haji menjadiakan menjadi pemasukan terbesar devisa pemerintahan negara Arab.

2 Masjid Nabawi - Arab Saudi
Dirancang langsung oleh Rasulullah SAW.Dengan Arsitektur yg unik mulai dari kubah yg berbentuk atap dan merupaka fitur paling signifikan dari bangunan kuno ini serta internal atau externalnya.Luas keseluruhannya lebih dari 400. 500 m persegi yg lebih kurang kapasitasnya lebih dari 1.000.000 jamaah sekaligus.Meski telah berabad-abad,masjid ini masih utuh dalam kondisi awalnya.Masjid disebut masjid Nabawi atau biasa juga Al- Masjid Al- Nabawi dalam bahasa Arab.Ternyata masjid nabawi ini memiliki komunitas,jadi untuk kalian yg pingin memperdalam ilmu tentang islam bisa bergabung.Dan yg terpenting merupakan Masjid Nabawi ini menjadi tempat paling suci ke dua buat umat Islam setelah Masjidil Haram.Mesji Nabawi juga merupakan tempat peristirahatan terkhir bagi Nabi Muhammad SAW.

3 Masjid Imam Reza - Iran
Indah dan menawan itu julukan buat masjid dengan arsitektur unik yg di lenkapi sentuhan gaya kuno dari arsitektur Islam yg berlokasi di kota Mashhad di Iran ini.Memiliki luas 267. 079 m persegi kapasitas mesjid ini lebih kurang 700.000 orang jamaah.Selain sebagai tempat beribadah,di masjid ini bisa dimanfaatkan sebagai rumah buat perpustakaan,ruang doa,museum, pemakaman,tempat seminar,ruang makan dan Universitas Ilmu Islam Razavi.

4 Masjid Faisal - Pakistan
Ini merupakan salah satu di antara masjid terbaik di seluruh bangsa yg dirancang oleh desainer terkenal asal Turki.Di dirikan pada akhir abad ke-20 masjid ini kemudian diresmikan pada 1986.Terletak di Pakistan,jadi Tak heran jika arsitekturnya menampilkan nuansa Turki.Dengan luas lebih dari 54.000 m persegi,masjid besar ini berkapasitas hingga 300.000 jamaah.Masjid Faisal juga dianggap sebagai masjid nasional di Pakistan.

5 Masjid Istiqlal - Indonesia
Ternyata mesjid di Indonesia menjadi salasatu 10 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia.Luasnya hingga 95.000m persegi,yg sangat besar buat menampung kira-kira lebih 120.000 jamaah sekaligus.Dibangun buat menghormati kemerdekaan RI mesjid ini kemudian disebut istiqlal yg artinya juga kemerdekaan.Siapa tak kenal Masjid Istiqlal?Masjid besar ini terletak di ibukota Jakarta dan dibangun semasa perintahan persiden soeharto.Mesjid ini juga menjadi salah satu masjid tertua dan terbesar di Asia Tenggara,Majis Istiqlal sudah banyak dikunjungi oleh pengunjung muslim dari berbagai belahan dunia.

6 Masjid Hassan II - Maroko
Masjid Hassan II adalah salah satu masjid paling banyak dikunjungi dan menjadi daya tarik utama di Casablanca,Maroko.Masjid ini memiliki menara tertinggi dengan lapisan kramik dan paduan asitektur kuno ala prancis serta menghadap langsung ke pemandangan Atlantik dengan luas hingga 90.000 m persegi dan berkapasitas lebih dari 25.000 jamaah pada bagian dalam dan 80. 000 lebih jamaah di bagian luarnya menjadian mesjid Hassan II ini sangat luar biasa.Dirancang oleh Michael Pinseau dan Bouyhues,yg juga merupakan perancang terkenal dari prancis.

7 Masjid Badshahi - India
Masjid badshai didirikan di Lahore pada tahun 1600-an pada masa dinasti Munghal.Kaisar Mughal Aurangzeb yg telah mendirikan masjid ini,dan saat itu masjid ini menjadi masjid terbesar di daerah tersebut dengan kapasitas hingga 100.000 jamaah sekaligus.Selain karena ukurannya yg luas dan besar,Masjid Badshahi ini sangat indah dengan arsitektur yg megah dan karya seni yg sangat unik. Maka dari itu,Masjid Badshahi ini bisa merupakan daya tarik wisatawan yg populer di Lahore.Baca Juga:Pahami Aqidah Ahlussunah Wal Jamaah

Gimana guys.. kalian penasaran dengan 7 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia tadi..?? samma kita juag,bagaiman apakah kalian berniat buat datang ke salah satunya..?? apa lagi untuk kalian para muslim dan muslimah tentunya sangat pingin mengijakkan kaki kalian disana,terutama di masjid Nabawi dan Masjidil Haram? Semoga bisa tercapai yah.. Aamiin.. jadi itulah tadi rankuman 7 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia, semoga berfaedah yah.
Share:

0 comments:

Posting Komentar