Berita Blog Terbaru Hari Ini

ads

1/16/2017

Inilah Fakta Unik Tentang Laut Mati

Laut Mati atau biasa disebut dengan Laut Asin adalah sebuah danau yg membatasi timur Yordania dan Israel.Danau ini mungkin disebut ‘laut’ tetapi sebenarnya dia hanyalah laut yg sangat asin dan merupakan tempat yg sangat unik di Bumi.

Saking uniknya,Laut Mati menjadi salah satu tempat yg pernah masuk tujuh keajaiban dunia.Berikut rahasia Laut Mati yg dilansir Twisted Sifter :

http://rahmiusi.blogspot.com/2017/01/inilah-fakta-unik-tentang-laut-mati.html

1. Permukaan dan tepi Laut Mati mencapai 423 meter di bawah permukaan laut,sehingga elevasi Bumi di sana merupakan yg terendah di darat.

2. Kedalaman Laut Mati merupakan 377 meter.Hal tersebut menjadikannya
danau hypersaline terdalam di dunia.Danau hypersaline umumnya adalah badan air yang terkurung di daratan yang mengandung konsentrasi signifikan dari natrium klorida atau garam mineral lainnya dengan tingkat garam melebihi air laut.

3. Dengan salinitas 33,7%,Laut Mati adalah salah satu badan air yg paling asin di dunia air. Biarpun demikian,Lake Assal (Djibouti),Garabogazkol,dan beberapa danau hypersaline dari Lembah Kering McMurdo di Antartika (seperti Kolam Don Juan) telah melaporkan salinitas yg lebih tinggi.

4. Konsentrasi garam yg sangat tinggi di Laut Mati membuat orang dapat dengan mudah mengapung karena daya apung alami.Dalam hal ini,Laut Mati menyerupai dengan Salt Lake besar di Utah,Amerika Serikat.
Baca Juga: Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW
5. Laut Mati kira-kira 8,6 kali lebih asin dari air laut.Salinitas ini membuat lingkungan sekitarnya keras,di mana hewan tidak dapat berkembang,oleh karena itu namanya Laut Mati.Salinitas tinggi mencegah organisme air makroskopis seperti ikan dan tanaman air bisa hidup di dalamnya,meskipun jumlah yg sangat kecil dari bakteri dan jamur mikroba tetap ada. 
Share:

0 comments:

Posting Komentar