Berita Blog Terbaru Hari Ini

ads

5/28/2017

Maksiat yg Harus Diwaspadai

Jenis Maksiat yg Harus Diwaspadai
Perbuatan maksiat tentu tidak terlepas dari diri MANUSIA.Maksiat sendiri merupakan
tindakan manusia yg melanggar dan bertentang dengan aturan Allah SWT.Perbuatan maksiat biasanya dilakukan dikarenakan hawa NAFSU dan godaan dari setan.
Ada banyak jenis maksiat yg dilakukan oleh manusia. Perbuatan maksiat ini bisa mendorong manusia ke liang dosa dan pada akhirnya menjerumuskannya ke dalam neraka dengan siksa yg amat pedih.

Menurut Imam al-Harits al-Muhasibi,tabib hati buat kaum Muslimin lintas GENERASI menyatakan ada tiga jenis maksiat yang harus diwaspadai oleh manusia.Ketiganya menjerumuskan dan membuat diri jauh dari pencipta.Apa saja?

http://rahmiusi.blogspot.com/2017/05/maksiat-yg-harus-diwaspadai.html


1. Maksiat yg Harus Dihindari
Jenis maksiat pertama yang harus diwaspadai oleh UMAT MUSLIM adalah maksiat yang harus dihindari.Maksiat ini meliputi segala jenis DOSA besar dan dosa kecil serta perbuatan-perbuatan yang menjadi pembuka datangnya maksiat.

Oleh sebab itu,ketika menjalani kehidupan ada baiknya utk senantiasa menaati segala perintah Allah dan ajaran Rasulullah utk dijadikan sebagai TELADAN.Dengan melaksanakan hal tersebut,tentu kita akan terhindar dari segala perbuatan keji dan mungkar yag ada di dunia ini.Sebab kaum muslimin yg demikian mengetahui mana yg baik dan buruk dari suatu perbuatan.

Akan tetapi, jika sudah terlanjur melakukan maksiat,ada baiknya utk segera bertaubat kepada Allah SWT dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut .

2. Maksiat dikarenakan Kebodohan Masa Lalu
Jenis maksiat yg kedua yaitu maksiat yg dilakukan karen KEBODOHAN masa lalu.Tentu semua orang pernah menjalani masa jahiliyah yakni kondisi ketika kita tidak mengetahui atau tidak mau tahu tentang segala perintah dan larangan dari Allah SWT.

Pada bebrapa masa ini sangat besar kemungkinan buat manusia utk melakukan suatu perbuatan maksiat yg tidak diketahui bahwa perbuatan tersebut termasuk dosa.Itulah yg mendasari sebagai manusia yg beriman harus senantiasa belajar dan menuntut ILMU.Jikalau sudah menyadari bahwa perbuatan di masa lalu tersebut termasuk ke dalam maksiat,hendaklah utk segera bertaubat kepada Allah SWT.

3. Maksiat setelah Taubat
Tidak dapat dipungkiri bahwa ada saja kaum muslimin yg sering mengulangi kesalahan MASA lalu setelah mereka melakukan taubat kepada Allah SWT.Perbuatan yg demikian ini termasuk ke dalam jenis maksiat yg dilakukan setelah bertaubat.

Oleh sebab itu,ketika sudah BERTAUBAT atas segala dosa dan maksiat yg dilakukan,hendaknya konsisten dan buanglah hasrat utk mengulanginya sejauh mungkin.Hal ini bertujuan agar diri SENANTIASA berada dalam ketaatan kepada Allah SWT hingga akhir hayat.

Demikianlah informasi mengenai TIGA maksiat yang harus diwaspadai oleh kaum muslim. Ketika sudah mengetahui bahwa sebuah perbuatan itu ternyata maksiat, berusahalah utk menjauhinya dan segera MEMOHON perlindungan kepada Allah SWT.
Share:

0 comments:

Posting Komentar