Berita Blog Terbaru Hari Ini

ads

11/03/2016

Hal Utama Penyebab Lambatnya Kinerja PC/Komputer/Laptop


Pc yg lambat bisa dipicu oleh faktor internal komputer itu sendiri seperti :
• Processor yg kecepatan prosesnya kecil
• RAM yg kapasitasnya kecil
• Harddisk bad sector

Bagaimana jika komputer anda memiliki spesifikasi yg besar namun masih juga lambat? Apa yg terjadi?? Berikut ini adalah pengalaman saya dalam mengatasi komputer saya yg lambat.Dan faktor penyebabnya antara lain :
• Harddisk komputer/laptop yg sudah full atau jarang melakukan perawatan harddisk seperti : clean up, disk defragment.
• Komputer/laptop menjalankan terlalu banyak program sehingga kerja processor semakin berat.
• Aplikasi yg terinstall di pc memerlukan alokasi RAM yg besar seperti : game, video editing.
• Adanya virus dalam di pc.Nah kalau sudah begitu keadaannya apa yang harus anda lakukan? Bingung yah? Sama (tapi,itu dulu,hehe) Seandainya anda masih bingung,kali ini saya akan memberikan tips-tips yg telah saya dapatkan melalui pengalaman saya dan telah terbukti berhasil.


• Untuk Harddisk pc/laptop yg sudah full :
Seperti yg telah saya katakan diatas jika harddisk anda full, sebaiknya anda melakukan backup data yg jarang anda akses. Back up bisa anda buat menggunakan DVD-rom (tentunya yg masih kosong) karena selain harga yg murah kapasitas DVD juga lumayan besar untuk penyimpanan data.Dan kalau anda punya uang lebih,anda bisa tambah harddisk anda dengan cara membeli harddisk yg kapasitasnya lebih besar.Jika anda udah membuat backup nya anda boleh menghapus file yg ada di dalam komputer anda jadi harddisk bisa lebih ringan deh kerjanya karena tak banyak data yg disimpannya. Bayangkan saja kalau harddisk anda sudah full terus anda melakukan perintah search untuk mencari file anda, apa yg terjadi??Tentu proses pencariannya memakan waktu yg lama bukan ? Itu disebabkan karena harddisk membaca satu per satu file dari semua file yg tersimpan di dalam harddisk tersebut dan mencari file yg cocok dengan kategori yg anda masukkan.

• Untuk Harddisk yg tak pernah didefrag (disk defragment)
Bagi anda yg jarang melakukan disk defragment ada 2 alasan yg sangat mendasar untuk tidak melakukan hal ini seperti : malas karena terlalu lama,bukan tau (hehe sok tau juga yah?)Nah,untuk anda yg belum tau cara melakukan disk defragment disini saya akan memberikan solusi untuk anda, anda bisa melakukan defragment hanya dengan 1 klik saja, bahkan hanya dengan 1 klik saja semua masalah yg ada dalam komputer anda bisa diatasi, mau tau?.Untuk melakukan semua
maintenance pc dengan mudah anda cukup menginstall TuneUp Utility 2009 kenapa? Karena pada menu 1-klik maintenance nya software ini akan langsung mencari beberapa persoalan yg ada di dalam pc anda mulai dari registry error, temporary files, bahkan disk defragment pun akan dilakukan sekalian,enak bukan?Nah buat anda yg ingin mendapatkan software ini anda bisa klik di link ini lengkap dengan serialnya,gratis loh TU2009 EN-US. rar jika anda ingin proses downloadnya lebih cepat anda jadi member 4shared,dan nikmati fasilitas-fasilitasnya.

• Pc menjalankan program yg terlalu banyak,solusinya kurangi menjalankan program yg enggak perlu dan kurangi menginstall program antivirus yg lebih dari 1,itu juga bisa menyebabkan pc lambat bahkan bebrapa bisa loading pc menjadi lambat sekali.Anda bisa menggunakan 1 antivirus yg menurut anda handal. Kalau untuk saya antivirus yg saya gunakan itu avast antivirus karena antivirus ini cukup handal untuk pc/laptop yg terhubung ke internet. Biasanya untuk browser tertentu memiliki lubang keamanan yg bisa dimasuki oleh virus dan avast bisa mendeteksi virus tersebut bahkan pada keadaan online maupun offline.Untuk virus local anda bisa menggunakan ansav,pcmav,maupun smandav.Semua tergantung anda.

• Aplikasi yg terinstall di pc memerlukan alokasi RAM yg besar :
Ini biasanya kita temui pada game-game pc,faktor yg menyebabkan game lambat/bahkan macet merupakan tidak hanya RAM yg kecil,kemungkinan itu ada sangkut pautnya dengan VGA card anda.Untuk game yg memiliki grafik yg tinggi biasanya game tersebut memerlukan kapasitas RAM,Harddisk,Processor,dan VGA card yg tinggi juga. Kalau diantara salah satu komponen diatas ada yg masih standar, ya wajar saja kalau game anda macet.Solusinya tambah saja VGA card anda dengan kapasitas yg lebih besar. Atau kalau RAM anda itu lebih dari 1 Gb anda bisa shared ke VGA lewat BIOS.Nah,untuk masalah RAM anda bisa menaikkan virtual memory untuk membantu RAM.Pengaturan ini bisa anda lakukan melalui menu My Computer Properties Advanced Performance,klik Settings lalu pilih Advanced Virtual Memory klik Change Setting lebih besar dari sebelumnya lalu klik Set dan OK! Restart pc anda.
Baca Juga:15 Blog Terbaik Indonesia 2016
• Untuk masalah virus yg ada dikomputer anda,anda bisa update antivirus anda dan lakukan scaning pada harddisk anda.
Maju terus pendidikan Indonesia!

Share:

0 comments:

Posting Komentar